Asus VivoBook 14 A416, Laptop Paling Cocok Untuk WFH dan PJJ dengan Fitur Premium


Tahun 2021 tentunya kita semua berharap pandemi cepat berakhir, namun apa daya untuk saat ini virus masih berkeliaran dengan ganas. Sudah hampir setahun, kebijakan pemerintah dalam pemberlakuan WFH (Work From Home) dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), atau istilahnya bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Tentu saja membuat kita semua jenuh, tetapi kita harus tetap produktif meskipun di rumah saja.

Saya sendiri merasakan ini adalah situasi yang cukup sulit ini karena hampir seluruh sektor terkena dampak adanya wabah corona. Pekerjaan saya adalah seorang guru honorer, dimana biasanya saya mengajar di sekolah, ketemu anak-anak setiap hari, namun sudah hampir setahun ternyata masih harus PJJ (pembelajaran jarak jauh). Pembelajaran jarak jauh secara daring maupun luring memang hasilnya tidak maksimal, terlebih saya mengajar anak-anak SD, dimana mereka sangat membutuhkan pengajaran secara langsung dengan tatap muka.

Namun saya berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Salah satunya yaitu dengan membuat video pembelajaran yang menarik, menggunakan aplikasi pembelajaran, penggunaan zoom meeting untuk webinar, dan sebagainya.

Selain sebagai guru atau pengajar, saya hobi dalam membuat konten desain grafis, fotografi, maupun video. Agar pekerjaan bisa berjalan lancar tentu saja saya membutuhkan sebuah laptop yang memadai, yang bisa saya gunakan dalam berbagai hal. Laptop yang dibutuhkan spesifikasinya minimal yang prosesornya minimal core i3, dan memori yang cukup besar karena untuk membuat sebuah konten tentu aplikasi yang digunakan cukup berat. 

Apakah kamu tahu ada beberapa tipe orang yang mencari laptop, kamu tipe yang mana sob? 
1. Mencari laptop berdasarkan ukuran laptopnya.
2. Mencari laptop berdasarkan kapasitas memorinya.
3. Mencari laptop berdasarkan merknya. 
4. Mencari laptop berdasarkan harganya.
5. Mencari laptop berdasarkan fitur atau kelebihannya.



Kalau saya sih tadi sudah disebutin ya sob, biasanya saya kalau cari barang cari yang berdasarkan kapasitas memori atau prosesornya dulu. Beberepa bulan terakhir saya baru menggunakan laptop merk Asus. Merk laptop yang banyak digunakan di Indonesia, fitur maupun kualitasnya yang tidak diragukan lagi. Asus berkomitmen untuk selalu menghadirkan perangkat yang berkualitas tinggi. Untuk mendukung agar tetap produktif, rasanya saya rekomendasikan laptop yang paling cocok yaitu laptop Asus VivoBook 14 (A416). Yuk kita bahas dari berbagai segi atau spesifikasi yang paling banyak dicari orang.

Dari segi ukuran
Ukuran laptop ini besarnya 14 inch, tidak besar juga tidak terlalu kecil. Beratnya hanya 1,6 kg dan ketebalannya 19,9 mm loh. Pas banget kalau dibawa bepergian kemanapun, tidak terlalu berat dan cukup tipis. Untuk chargernya kamu tidak usah khawatir karena chargernya pun di desain lebih ringkas.

Layar
Untuk layar Asus Vivobook 14 (A416) ini resolusinya sudah full HD ya sob, dan layarnya sudah dilengkapi anti silau (anti-glare). Tampilan layarnya begitu tipis karena menggunakan teknologi NanoEdge Display, sehingga bisa 82% rasio layar dengan bodi laptop. Sudut pandang layar ini bisa mencapai 178 derajat loh, hhmmmm sedikit lagi hampir 180 derajat ya, mantap pisan ya sob laptopnya. Ditambah chip grafis NVIDIA GeForce MX330 yang menyempurnakan performa layar, rekomended untuk kamu yang berkecimpung pada dunia visual, seperti desain grafis, gamers, fotografi, ataupun video editor.

Keyboard
Keyboard Asus Vivobook 14 (A416) sudah dilengkapi dengan backlit (lampu dibelakang keyboard), jadi kita tetap bisa mengetik meskipun suasana dalam keadaan gelap atau minim cahaya, glow in the dark gitu sob. terlebih ukuran keyboard yang full size dan jarak antar tombol 1,4 mm yang ideal sekali untuk mengetik dengan nyaman. Kerja lembur malam dengan lampu redup tidak masalah.

Kamera
Untuk yang suka bekerja dan belajar melalui webinar, zoom, dan pertemuan online lainnya. kamera pada Asus ini tentu dapat diandalkan.

Input/output
Sebagai laptop yang dirancang untuk kamu yang mengedepankan mobilitas, Asus Vivobook 14 (A416) dilengkapi berbagai port konektivitas, diantaranya port HDMI 1.4, 3.5mm jack audio, USB 3.2 Gen 1 type-A, USB 3.2 Gen 1 type-C, micro SD card reader, dan 2 port USB 2.0 type-A. Sedangkan untuk jaringan nirkabel, Vivobook 14 (A416) dilengkapi WiFi 5 (802.11ac), dan bluetooth 4.1.

Kerangka
Beberapa bagian pada laptop ini, seperti pada chasis utama dan rangka layar yang terbuat dari bahan logam, sehingga tidak perlu diragukan lagi ketangguhannya. Kehadiran E-A-R HDD protection menambah kekuatan, tentunya perangkat penting pada laptop ini dapat terlindungi dari getaran maupun guncangan. Untuk user yang suka pakai laptopnya tidak disiplin, kadang suka kesenggol, kebentur, nyimpen laptopnya ditumpuk dengan barang-barang lain, ini cocok sekali sob.

Prosesor
Ada 3 varian prosesor yang digunakan Asus Vivobook 14 (A416) mulai dari Intel Celeron N4020 Processor 1.1GHz, Intel Core i3-1005G1 Processor 1.2 GHz, dan Intel Core i5-1035G1 Processor 1.0 GHz. Dengan kemampuan prosesor generasi 10 Intel Core tersebut, laptop ini akan menjadi andalan kamu dalam bekerja maupun belajar.

Memori
Kapasitas RAM nya adalah 4GB DDR 4, dan dapat diupgrade hingga 12GB. sedangkan untuk kapasitas penyimpanan datanya kamu bisa pilih menggunakan SSD atau HDD, bahkan bisa dikombinasikan juga loh antara SSD dan HDD. Untuk kapasitasnya mulai dari 256GB SSD, dan 1TB HDD.

Sistem Keamanan
Asus Vivobook 14 (A416) dilengkapi juga dengan finger print, kamu tidak perlu lagi takut salah ketik password atau lupa password. Privasi dokumentasi dan penggunaan laptopnya lebih terjaga.

Audio
Port jack audio menggunakan 3.5 mm, suara yang dihasilkan pada laptop ini begitu jernih dan besar dengan dukungan SonicMaster, audio by ICEpower.

Software
Sistem operasi yang digunakan adalah windows 10, ditambah laptop ini sudah dilengkapi Microsoft office pre-installed yang merupakan aplikasi standar yang digunakan dalam pengolahan data dan dokumen. Microsoft office home & student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama, yaitu word, excel, dan powerpoint. Microsoft ini dapat diupdate untuk dokumen-dokumen yang telah dibuat terkena virus atau celah malware, pastinya ini gratis loh.

Aplikasi MyAsus
Dan salah satu hal yang menarik dari Asus ini adalah adanya aplikasi MyASUS, yaitu aplikasi asli bawaan dari Asus. Fungsinya adalah aplikasi ini bisa jadi pusat control laptop yang tersambung pada smartphone. Pada aplikasi ini juga kita bisa memindai, menemukan masalah pada laptop asus dan memperbaiki masalah tersebut secara otomatis. Tak cuma itu, kita bisa cek garansi laptop, dan bisa menghubungi langsung layanan konsumen Asus.

Yang paling bikin greget adalah dengan aplikasi MyAsus ini layar ponsel kita bisa tampil seperti layar laptop (semacam infocus/dual display), kirim data, munculin notifikasi antar ponsel ke laptop, bahkan bisa nerima telepon di laptop juga loh. Keren kan sob?

Dengan full fitur pada laptop Asus Vivobook 14 (A416) diatas, jelas ini adalah laptop yang bisa digunakan semua kalangan, mulai dari pelajar sampai pekerja professional cocok dengan laptop ini karena Asus Vivobook 14 (A416) setara dengan laptop premium.

Jadi? Tertarik ingin laptop Asus Vivobook 14 (A416) ini?

Fitur? Asus Vivobook 14 (A 416) jelas banyak fiturnya.
Ukuran? 14 inch adalah ukuran yang paling tepat untuk segala aktifitasmu karena dengan ukuran 14 inch ini tidak terlalu besar, tidak kecil, tidak terlalu berat, dan pastinya tipis.
Memori? Tidak usah ragu lagi sob, RAM 4GB sudah bisa install aplikasi yang cukup berat, ditambah bisa kombinasi HDD dan SSD, dijamin gak lelet.
Merk? Merk Asus sudah kualitasnya bagus sob, dengan garansi 2 tahun.
Soal harga? dengan kualitas dan full fitur, harga masih cukup bersahabat sob.


1 komentar:

  1. Wah tertarik banget, asli. Dengan harga murah bisa punya ni laptop premium tapi performanya mantap bener. Paling cocok emang untuk PJJ dan WFH sekarang ini. Salam kenal ya mas.

    BalasHapus