iPhone7 vs Galaxy S8: Mana yang Memenuhi Kebutuhan Anda?

Dari sekian banyak vendor perangkat telepon seluler yang ada, boleh dibilang Apple dan Samsung masih menjuarai persaingan di pasar global. Dua perusahaan raksasa dari Amerika dan Korea Selatan ini terus melakukan inovasi dengan sangat cepat. Belum sempat penggunanya puas menikmati kehadiran ponsel yang baru dirilis, tiba-tiba saja seri teranyar sudah diumumkan akan segera meramaikan pasar dengan berbagai fitur yang lebih canggih.

Persaingan terbaru dua perusahaan besar ini ada pada ponsel yang sama-sama rilis pada tahun 2017 ini. Apple mengeluarkan ponsel tercanggihnya, iPhone7 dan resmi dirilis di Indonesia pada akhir kuartal pertama kemarin. Sementara itu, belum banyak pihak yang bisa merasakan kecanggihan produk flagship Galaxy S7 dan S7 Edge yang keluar pada 2016 lalu, Samsung sudah merilis Galaxy S8 di tanah air pada bulan Mei 2017.

Samsung Galaxy S8 vs iPhone7
Fitur - PCMag
Masing-masing kubu memiliki kelebihan masing-masing. Meski demikian, tak lantas membuat masyarakat berhenti melakukan perbandingan. Pertanyaan produk mana yang lebih unggul pun terus bermunculan. Tentu saja, jawabannya pun tak memuaskan sembarang pihak lantaran kebutuhan tiap individu yang variatif. Nah, untuk menentukan apakah iPhone7 atau Galaxy S8 yang lebih unggul menurut Anda, berikut adalah perbandingan fitur keduanya.

  • Ukuran Layar

Beberapa tahun yang lalu, ponsel dianggap keren jika memiliki bobot berat, layar kecil, dan antenna tinggi. Kemudian, tren beralih dengan menghilangkan antena dan memperbesar layar, tetapi tetap dengan berat yang tidak berkurang. Perlahan, ponsel kemudian dibuat lebih minimalis. Baru pada sekitar tahun 2007 ketika Apple meluncurkan ponsel touch screen pertamanya, vendor lain mulai meniru.

Kini, ponsel yang dianggap menarik adalah dengan desain yang tipis dan layar yang lebar. Apple menciptakan iPhone7 dengan layar 4,7 inci, sementara Samsung memberi kepuasan lebih dengan layar 5,8 inci. Tak hanya itu, Samsung bahkan melabeli teknologi layar pada ponsel ini dengan sebutan infinity display. Dengan demikian, keberadaan tombol fisik home yang biasanya ada pada bagian bawah layar telah digantikan oleh invisible home button yang menyatu dengan bagian layar.

  • Resolusi Layar

Bicara soal layar ponsel, tentu bukan hanya ukuran yang menjadi pertimbangan. Teknologi dan resolusi lainnya pun menjadi hal yang perlu Anda cermati untuk menentukan pilihan.
iPhone7 dibekali layar retina HD dengan resolusi 1334 x 750 pixel dengan kerapatan 326 ppi. Selain itu, si bungsu dari keluarga Apple ini memiliki layar LED Backlit IPS LCD dengan 2,5D glass screen, ion-strengthened glass dan oleophobic coating. Dengan layar antigores ini, Anda yang mungkin kurang berhati-hati dalam menyimpan barang—termasuk ponsel—mungkin bisa merasa lebih tenang.

Namun S8 tidak mau kalah. Ponsel ini memiliki layar Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2960 pada kerapatan 570 ppi. Jika pada seri sebelumnya Samsung menerapkan layar yang melebar sempurna pada permukaan, maka di S8 ini hal serupa juga diterapkan. Selain teknologi edge screen ini, layar S8 juga semakin terlindungi dengan gorilla glass 5.

  • Memori

RAM pada ponsel bergungsing untuk menjalankan berbagai perintah aplikasi yang sedang dijalankan (multitasking). Semakin besar kapasitas RAM yang tersedia pada ponsel, semakin banyak proses multitasking yang dapat dijalankan. Dan yang perlu diingat, RAM pada ponsel tidak dapat diperbesar.
Apple dan Samsung yang merancang produk mereka sebagai ponsel dengan performansi tinggi mengusung RAM yang cukup besar. Apple memberikan RAM sebesar 2GB untuk iPhone7 dan Samsung memberikan RAM sebesar 4GB untuk Galaxy S8. Dengan kapasitas sebesar ini, Anda tetap dapat produktif dengan menjalankan beragam aplikasi pada saat bersamaan tanpa mengeluh ponsel yang berjalan lambat.

Sementara itu, untuk memori internal, Apple mengungguli Samsung. iPhone7 memiliki memori internal sebesar 128GB, sementara S8 64GB. Keduanya sama-sama dibekali micro SD dengan batas penyimpanan sampai 256GB.

  • Kamera

Tidak ada ponsel pintar yang tidak dilengkapi dengan kamera. Bahkan boleh dibilang, spesifikasi kamera pada ponsel ini menjadi salah satu pertimbangan utama saat menentukan pilihan. 


Baca juga : Tips Merekam Video Menggunakan Ponsel Smartphone

Dua mahakarya ini dilengkapi dengan kamera belakang 12 MP dengan bukaan berbeda. iPhone memiliki bukaan f/1.8 sementara Galaxy S8 dilengkapi dengan f/1.7. Untuk kamera depan, Galaxy S8 juga lebih lebar dengan 8MP dan f/1.7 sementara iPhone dilengkapi 7MP dan 1/2.2.

  • Lain-lain

iPhone7 memiliki bobot sebesar 138 gram, sedangkan Galaxy S8 memiliki bobot 155 gram. Untuk baterai, Anda dapat lebih menghemat menggunakan Galaxy S8 yang berkapasitas 3.000 mAh dibandingkan iPhone yang berkapasitas 1.960 mAh. Selain itu, untuk sensor, Galaxy S8 mengungguli iPhone7 yang masih mengedepankan finger print dengan kehadiran pemindai iris mata.

Maksimalkan Kinerja Ponsel

Kinerja Ponsel - Phone Arena
Untuk mendukung kinerja dengan ponsel pintar ini, pastikan pulsa Axis Anda selalu tersedia. Baik untuk kebutuhan suara, pesan, atau data, Axis senantiasa hadir dengan beragam penawaran menarik dan terbaik. Anda pun kini tak perlu repot jika ingin melakukan top up.
Bersama Traveloka, Axis bekerja sama untuk memfasilitasi kebutuhan Anda. Cukup dalam hitungan detik, Anda bisa mendapatkan pulsa Axis di Traveloka dengan cepat dan hemat.

Tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Apple dan Samsung memang cukup tinggi. Maka dari itu, khususnya bagi para maniak gadget, keluarnya dua produk mewah ini disambut dengan penuh antusias. Namun baik Apple maupun Samsung tentu tidak hanya sekadar ingin memenangkan pasar hanya untuk meramaikan suasana. iPhone7 dan Galaxy S8 yang dibuat dengan sesempurna mungkin itu diharapkan dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari penunjang kehidupan masyarakat modern dan digital yang semakin dinamis, terutama untuk kalangan profesional.
Lantas, mana yang jadi pilihan Anda?

Tidak ada komentar