Arti Kode Error "Insufficient Space On The Device" Pada Play Store Dan Cara Mengatasinya


Ada beberapa keluhan pada smartphone berbasis android, para pengguna kebanyakan mengeluhkan adanya error-error saat akan mengupgrade atau mendownload aplikasi di Play Store. Ada beberapa kode error pada play store ini, diantaranya Code error insufficient space on the deviceError Code 941, code error [RPC:S-3:AEC-0],  error code [RPC:S-5:AEC-0], code error [RPC:S-7:AEC-0], dan masih banyak lagi kode error lainnya.

Setiap kode error mempunyai arti tersendiri, dan untuk kode error insufficient space on the device itu artinya bahwa space/kapasitas memori internal tempat penyimpanan aplikasi pada android anda sudah penuh dan tidak dapat menampung aplikasi lain. banyak pengguna android yang mngeluh seperti ini, terutama yang kapasitas RAMnya kecil.

Ada beberapa cara gampang untuk mengatasi kode error insufficient space on the device, diantaranya :
  1. Hapuslah beberapa aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan, sehingga kapasitas memori penyimpanan aplikasinya lebih banyak.
  2. Install dan pakailah aplikasi Cleaner, seperti Clean Master, CCleaner, History clean, dan lain-lain. Fungsi dari aplikasi tersebut adalah menghapus cache atau history pada aplikasi yang kita gunakan.
  3. Pindahkanlah aplikasi ke memori eksternal, terutama aplikasi yang kapasitasnya besar, namun ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal. Cobalah instal Link2SD agar lebih mudah untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal, atau sebaliknya.
  4. Clear Data. Clear data ini sama halnya dengan mereset aplikasi, bisanya aplikasi sosmed seperti Path, Facebook, BBM yang banyak memakan kapasitas memori dan datanya bisa mencapai 100 Mb lebih. Tak usah khawatir data kontak BBM atau sosmed anda akan hilang, asal tidak lupa email dan password untuk login ke aplikasi tersebut.
    Clear data
Semoga cara tersebut bisa membantu anda mengatasi keluhan-keluhan androidnya. Namun saya ingatkan kembali, tidak semua gadget bisa diatasi dengan cara yang sama.

Tidak ada komentar