Review Aplikasi Wistakon Wisata Kota Cirebon)


Kota Cirebon, adalah salah satu kota yang sudah menerapkan konsep smart city. Sebelum cirebon menerapkan konsep smart city, saya ingat beberapa tahun lalu sebelum pemerintah daerah Cirebon menerapkan "Cirebon Smart City", Komunitas Boogger Cirebon (REBON.org) terlebih dulu memiliki ide dan harapan bahwa Cirebon akan menjadi smart city. Salah satu langkah nyata untuk mewujudkan harapan ini adalah dengan mengadakan lomba blog dengan tema "Cirebon Menuju Smart City".

Ratusan blogger dari penjuru Indonesia mengikuti lomba ini, menuliskan ide dan konsep melalui artikel blognya jika Cirebon menjadi smart city. Disisi lain, kami (Komunitas Blogger Cirebon) bersyukur ide yang pernah dituangkan terwujud, meskipun sebutan Cirebon Smart City saat ini tidak ada kaitannya dengan lomba blog yang pernah diadakan oleh Komunitas Blogger Cirebon.

Btw... Di postingan ini saya mau mereview aplikasi Wistakon (Wisata Kota Cirebon). Aplikasi Wistakon adalah aplikasi yang isinya memuat informasi mengenai kepariwisataan yang ada di wilayah Kota Cirebon (dan sekitarnya). Meski aplikasi ini memuat bidang pariwisata, namun ternyata sampai dengan tahun 2019 lalu aplikasi ini dikelola oleh DKIS (belum diserahkan ke Dinas Kebudayaan, Olah raga, Kepemudaan, dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon.

Buat yang ingin tahu info wisata yang ada di Kota Cirebon, silahkan langsung install saja ya, untuk android melalui play store. Aplikasi ini dibuat oleh Telkom, dan saya lihat template aplikasi ini sama persis dipakai oleh lembaga lain juga (mungkin karena developernya Telkom).

Awaknya saya seneng dengan adanya aplikasi ini, karena kita bisa cari informasi wisata di Kota Cirebon tanpa harus cape-cape googling sana-sini. Beberapa menu yang ditampilkan di aplikasi ini ada Event & News, Attractions, Foods, Hotels, Shops, Religious, Healtcare, Finances, dan Services. Dari sisi menu cukup lengkap, mulai dari info event sampai infor rumah sakit ada disini.

Tapi... saya sangat kecewa dengan aplikasi ini, kenapa ?

  1. Aplikasi bawaan telkom, tidak original design khas Cirebon, sehingga kurang menarik tampilannya.
  2. Gambar/icon pada tab menu masih foto bawaan developer/foto luar kota Cirebon, bukan foto asli Cirebon. Menurut saya ini cukup vital karena jangan sampai orang mengira bahwa foto itu lokasi berada di Cirebon, padahal tidak ada.
  3. Isi menu masih banyak yang coming soon. Tidak update, informasinya masih kosong.
  4. Beberapa infromasi yang berada di wilayah Kabupaten Cirebon dan Kuningan ada di aplikasi ini, karena ini aplikasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kota Cirebon, lebih baik fokus melengkapi informasi wisata yang ada di Kota Cirebon saja.
Pengelolaan aplikasi harus dilakukan secara profesional, sangat disayangkan jika aplikasi yang dicari para traveler yang ingin berkunjung ke Kota Cirebon ini tidak digunakan secara optimal.

Tidak ada komentar