Facebook, Aplikasi Yang Paling Dibenci Tapi Dibutuhkan Pengguna Android


Siapa yang tidak tahu facebook? Sosial media yang muncul pada tahun 2004 ini terus mengalami peningkatan dari jumlah penggunanya. Di Indonesia, facebook mulai booming di Indonesia pada tahun 2005/2006. Sebelum facebook muncul, friendster menjadi sosial media favorit dan terbesar yang pernah ada, namun beberapa tahun setelah munculnya facebook, friendsterpun beralih fungsi menjadi bukan lagi menjadi sosial media, melainkan game online.

Di tahun 2015 ini, 11 tahun setelah berdirinya facebook, dari beberapa sumber berita yang kami baca, pengguna aktif facebook ini sudah mencapai 1,44 milyar lebih. Dikutip dari cnnindonesia.com, saat beberapa waktu lalu sang pendiri facebook berkunjung ke Indonesia dan mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial, pengguna facebook di Indonesia sendiri mencapai 69 juta pada bulan Maret 2015 lalu.

Disisi lain, di jaman serba mobile ini, gadget dan koneksi internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan manusia. Setiap hari selalu muncul gadget dengan type terbaru, dan di tahun 2015 ini katanya menjadi jamannya gadget android. Kenapa? Karena dengan harga yang terjangkau namun fungsi yang banyak, hampir setiap orang kini memiliki gadget dengan OS Andoid.

Ada beberapa aplikasi yang sudah terpasang di gadget android, sehingga anda tidak perlu lagi mengunduhnya di play store, salah satu aplikasinya adalah facebook. Dari sekian banyak penguna android yang kami tanya dalam beberapa waktu, pplikasi facebook ini menjadi salah satu aplikasi favorit karena memang banyak user yang menggunakannya dan mempertahankan aplikasi yang "berat" ini, tapi disisi lain facebook adalah aplikasi yang paling dibenci para pengguna android.

Beberapa alasan pengguna android benci terhadap aplikasi facebook adalah karena facebook ini "memakan" banyak memori/RAM, kapasitas aplikasi mencapai 31,69 Mb jika belum install, namun jika sudah di install dan login, kapasitasnya bisa mencapai 120 Mb, belum lagi facebook memaksa penggunanya mengunduh aplikasi facebook messenger dengan kapatitas 25 Mb. Akibat daripada itu, kinerja gadgetnya tidak optimal karena aplikasi facebook ini menguras banyak "tenaga" android. Apakah anda merasakannya juga?

Efeknya, banyak pengguna yang menguninstall aplikasi facebook karena mereka tidak ingin gadgetnya lemah hanya karena satu aplikasi sosial media. Sebagai solusinya, para mereka login akun facebooknya via browser, dan bisa juga mengunduh aplikasi facebook versi lain, tentu saja yang meorinya jauh lebih kecil namun fungsinya sama.

Sumber foto : google

Tidak ada komentar