Tips Agar Akun Google Kita Aman Tidak Dibajak Orang Lain


Mungkin saat ini hampir semua orang mempunyai email, terutama dari platform google. Kelebihan kita menggunakan akun email google adalah stu akun bisa untuk semua jenis aplikasi, mulai dari email, youtube, google drive, blogger, maps, note, dan masih banyak lagi produk google lainnya. Jadi, kalau kita bikin email, tentu password itu tidak boleh lupa.

Di postingan ini saya ingin berbagi tips bagaimana caranya agar akun google kita lebih aman, tidak mudah dihack atau ambil alih orang lain yang tidak bertanggung jawab.


Pertama, Pilih password atau kata sandi yang aman

Password yang baik bukanlah password yang gampang diingat, seperti nama, tanggal lahir, urutan angka, tempat. Password seperti itu akan lebih mudah dilacak, meskipun jumlah karatker dari password itu cukup banyak. Gunakanlah password perpaduan antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus, misalnya T3kn0log!. meskipun jumlah karakternya sedikit, namun ini lebih baik dan lebih aman daripada penulisan password yang biasa saja.


Kedua, Cek pemeriksaan di g.co/securitycheckup

Untuk lebih memastikan bahwa akun kamu aman, kamu wajib cek di g.co/securitycheckup, pastikan semuanya tercentang hijau dan perangkat yang tersambung atau perangkat yang pernah dipakai adalah perangkat yang kamu ketahui, jika ada perangkat yang bukan milik kamu, bisa jadi ada orang yang pernah login ke akun kamu. Segera hapus perangkat yang sudah tidak disambung lagi.



Ketiga, Simpan dan atur pasword di tools yang disediakan google

Klik Password Manager yang disediakan olah google, disitu kamu bisa mengecek password yang tersimpan di berbagai link yang kamu gunakan. Periksan juga apakah password yang kamu gunakan itu sudah cukup aman/kuat atau masih lemah.


Keempat, Siapkan 2FA di akun google kamu

Terakhir, ini adalah langkah yang paling penting dan cukup mudah untuk memastikan akun kita aman. Sebetulnya 2FA atau Two Factor Autentication tidak hanya digunakan pada akun google saja, namun saat ini sudah menjadi minimal standar keamaan sebuah akun agar akun di media sosial kita aman.

2FA akan memanfaatkan email dan nomor telepon kamu untuk mengkonfirmasi mengirimkan nomor keamanan jika kita login pada suatu akun. Jika kita mendapat pesan nomor kode OTP dari sebuah akun, namun kita tidak merasa sedang login, abaikan saja, dan segera ganti password pada akun kamu. Itu salah satu tanda bahwa ada orang lain yang ingin masuk ke akun kamu. Jangan pernah bagikan/kasih kode nomor OTP kepada orang lain.

Tidak ada komentar