Smartphone RAM 2 GB Terlalu Kecil, Semakin Ditinggalkan


Game menjadi salah satu faktor yang memakan banyak ruang atau memori pada smartphone. Aplikasi media sosial dan aplikasi-aplikasi lainnya yang hampir setiap hari terus meminta untuk update ke versi baru, ini pun menjadi penyebab memori di smartphone cepat penuh meski sudah dilakukan beberapa cara agar memori smartphone tidak cepat penuh.

Smartphone dengan RAM 1 GB kini sudah tidak pada jamannya lagi, dan sekarang giliran smartphone dengan RAM 2 GB yang mulai ditinggalkan para pengguna smartphone, khususnya pemakain OS android. Selain beberapa hal diatas tadi yang menyebabkan memori cepat sekali penuh, smartphone berbagai merk terus diluncurkan, dengan spesifikasi yang lebih lengkap dan kapasitas memori yang lebih besar.

Baca juga : Cara Mengatasi "Storage Space Is Running Out" Pada Gadget Android

Sekitar 2 tahun ini, saya memakai HP android dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB, pemakaian selama ini cukup cepat dan lancar, namun beberapa bulan terakhir sudah 2 kali mengalami storage space is running out, yang artinya bahwa memori smartphone penuh. Saya cukup terkejut dengan adanya notifikasi ini, padahal di android saya hanya ada 2 aplikasi game, itu pun hanya game NFSMW dan rush rally 2. 

Gadget-gadget terbaru yang ditawarkan para produsen sangat menggiurkan, untuk android dengan RAM 3 GB saja hargnya kini hanya 1,5 sampai 2 jutaan saja, dan untuk RAM 4 GB harganya kisaran 2 sampai 3 jutaan, dan untuk RAM 6 GB pun turun harganya dari harga pasaran awal. Perkembangan teknologi memang tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa dihindari lagi, termasuk kebutuhan memori pada smartphone.

Jika smartphone dengan RAM 2 GB ingin tetap lancar, sebaiknya tidak menginstal aplikasi facebook atau instagram, game online, dan juga agar tidak selalu update aplikasi versi terbaru.


Tidak ada komentar