Inilah Kelebihan Jaringan 5G dan Perkiraan Pemakaian Kuota Internetnya


Indonesia kini sudah memiliki jaringan 5G, namun belum semua wilayah dapat menikmati jaringan ini, hanya beberapa wilayah kota besar saja yang sudah terkoneksi dengan jaringan 5G provider Telkomsel. Nah, berikut adalah daerah yang sudah terkoneksi jaringan 5G :

  • Jabodetabek (Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Widya Chandra, Kawasan Alam Sutera, BSD, Tangerang Selatan)
  • Batam
  • Medan
  • Solo
  • Bandung
  • Surabaya
  • Makassar
  • Denpasar
  • Balikpapan

5G sendiri adalah jaringan selular generasi ke-5 dengan memiliki kelebihan yang paling menonjol adalah dalam hal kecepatan internetnya. Pengiriman data pada 5G mampu mencapai 10 GB perdetik, 100 kali lebih cepat daripada 4G yang hanya mencapai 100 Mb perdetik. Penerimaan informasi hanya 1 milidetik, sedangkan 4G mencapai 200 milidetik. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir lagi koneksi delay meskipun jaringannya banyak yang pakai.

Jaringan 5G bisa kamu nikmati pada frekuensi 2,3 GHz untuk data plane dan 1,8 GHz untuk control plane. Selain itu, tentunya ponsel kamu sudah harus mendukung jaringan 5G. Sedangkan untuk kartu sim nya kamu tidak perlu ganti yang baru, jadi kamu bisa pakai kartu sim lama dengan tipe USIM, bisa di cek  dengan menekan tombol *888*47# untuk mengaktifkan nomor Telkomsel kamu di jaringan 5G.

Karena jaringan 5G ini yang super cepat dan anti delay, so pasti pemakaian kuota internet kita juga akan lebih cepat terkuras, bahkan mungkin pemakaiannya bisa sampai 5-10 kali lebih besar daripada di jaringan 4G yang biasa kita pakai. Saat jaringan 3G, pemakaian kuota 1 bulan hanya sekitar 3-4 GB. Kalau di 4G kisaran 15-20 GB dalam 1 bulan, nah kalau di 5G pemakaian data internet bisa saja sekitar 100-200 GB dalam 1 bulan, atau bahkan 500 GB.

Sebagai informasi saja, karena baru Telkomsel yang sudah memiliki jaringan 5G, provider ini menawarkan harga promo paket internet 5G dengan harga Rp. 130.000 paket 100 GB, Rp. 500.000 paket 500 GB, dan Rp. 900.000 paket 1.000 GB dengan masa aktif hanya 1 bulan saja. Kalau uang kita masih pas-pasan dan kita pakai internet cuma untuk main sosial media, stalking, mending jangan pindah ke 5G dulu ya...

Semoga informasinya bermanfaat.

Tidak ada komentar