Butuh Informasi Harga Emas Terupdate? Ini Cari Tahu di Aplikasi Cermati!


Investasi, satu kata yang sering kali terdengar namun tak setiap orang mau melakukannya. Alasannya tentu saja lantaran investasi selalu di kaitkan dengan nilai yang cenderung sangat fluktuatif dan tak dapat diandalkan. Namun berbeda jika Kita berbicara mengenai invetasi dalam bentuk emas, nyatanya investasi emas memiliki banyak sisi positif. Investasi dalam bentuk emas setidaknya telah dijalankan oleh banyak orang, mulai dari orang orang di kampung dalam bentuk emas perhiasan, hingga tak terkecuali orang orang di perkotaan yang memiliki literasi dibidang keuangan dengan investasi emas batangan. Beberapa kelebihan investasi dalam bentuk emas antara lain, sifatnya yang mudah dicairkan, bebas pajak, tidak terpengaruh oleh inflasi, hingga bisa melindungi nilai kekayaan. 

Namun demikian, nyatanya investasi dalam bentuk emas pun memiliki kelemahan, diantaranya resiko kehilangan yang cukup tinggi. Untuk resiko ini setidaknya Anda harus memiliki brangkas untuk menyimpan benda benda berharga. Kekuarangan selanjutnya adalah harganya yang fluktuatif, dan kekurangan selanjutnya adalah dampaknya yang sangat kecil di sektor riil. Dan kekuarangan yang terkahir jika Anda berniat investasi dalam bentuk emas adalah jangka waktu return investasi emas saat ini cenderung lebih lama jika dibandingkan  investasi dalam bentuk saham. Return yang cukup lama ini dikarenakan menyesuaikan harga emas di pasaran yang naik dan turunnya cenderung cukup lambat jika dibandingkan investasi dalam bentuk lain, seperti property maupun saham.

Untuk Anda yang telah miliki investasi dalam bentuk emas, aplikasi Cermati.com menyediakan beberapa informasi terkait investasi yang Anda miliki yang bisa Anda pergunakan saat mengelola investasi logam mulia milik Anda . 

Berikut ulasan selengkapnya :

1. Harga Emas Antam Perdaerah
Aplikasi Cermati secara rutin mengupdate harga emas setiap harinya dari Senin hingga Jumat. Harga tersebut terbagi menjadi 7 daerah, yakni harga emas antam Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, dan Denpasar. Harga emas tersebut terbagi menjadi dua jenis, yakni harga emas per Bar,dan harga emas per gram nya sehingga lebih mempermudah Anda pada saat akan menjual atau akan membeli emas. 

Selaku investor pastinya Kita sudah paham betul kapan saat saat akan menjual emas yang Kita miliki, dan kapan saat saat akan membeli emas. Perhatikan lah harga emas dari hari ke hari, jika harga emas sedang turun, Anda bisa segera membeli emas di lembaga lembaga terpercaya seperti kantor pos, kantor pegadaian, atau Gerai Logam Mulia Antam. Sedangkan apda saat harga sedang naik, Anda bisa menjual emas batangan yang Anda miliki. Jangan lupa untuk selalu menyertakan sertifikat yang menjamin keaslian logam mulia yang Anda miliki.


2. Tips Membeli Emas
Tak hanya menyediakan informasi terupdate mengenai harga emas, di aplikasi Cermati Anda juga bisa mendapatkan tips membeli emas. Mulai dari tips mengenai emas yang asli dan emas yang palsu, cara melakukan investasi emas, hingga tips tips ringan seputar investasi emas yang tentunya berguna untuk Anda yang baru pertama kali memutuskan akan berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Tips tips ini cukup bermanfaat dan dapat Anda pergunakan setiap kali mengelola investasi dalam bentuk emas. Informasi yang disediakan cukup informative, dan mudah sekali untuk Anda praktekkan. 

Salah satu informasi menarik dari tips tips membeli emas adalah informasi mengenai cara investasi emas yang sedang trend saat ini. Informasi ini memuat fakta fakta menarik mengenai cara investasi dalam bentuk emas, informasi mengenai alokasi dana dari hasil investasi emas yang bisa dipergunakan, hingga cara mendapatkan dana segar dari menggadaika emas. Tips tips tersebut dapat Anda pergunakan selama Anda memahami segala resiko untuk mendapatkan imbal balik selama proses investasi emas yang Anda jalankan. 

3. Artikel Terkait Investasi Emas
Selain harga emas dan tips dalam membeli emas, aplikasi Cermati juga menyediakan  artikel aretikel terkait investasi emas. Pembahasan artikel investasi emas ini terbilang cukup mudah untuk dipahami, selain itu artikel artikel nya juga bisa Anda praktekan jika Anda memang berniat untuk mengalokasikan dana untuk investasi emas. 


Namun demikian, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum memilih emas sebagai instrumen investasi. Beberapa diantaranya adalah :

1. Hindari membeli emas via online
Berkat kemajuan teknologi, saat ini membeli emas pun dapat dilakukan via online, mereka menyebutnya dengan investasi emas online, tapi hal ini sangat tidak di sarankan. Sangat tidak dis arankan untuk berinvestasi emas tanpa melihat fisik emas tersebut, kecuali Anda sudah terlanjur membeli emas via online dan mempercayakannya pada pihak yang dapat dipercaya kredibilitasnya.

2. Hindari investasi emas dalam bentuk perhiasan
Seperti Kita semua ketahui, investasi dalam bentuk emas perhiasan memiliki potongan harga yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan terdapat ongkos pembuatan perhiasan yang menyebabkan harga jual kembali akan di potong dari ongkos pembuatan emas tersebut.

3. Hindari membeli emas dengan dana hutang
Investasi dalam bentuk emas memang tidak salah, yang salah adalah membeli emas dengan cara hutang. Saat ini ada banyak sekali arisan emas, alih alih kurang cocok untuk menjadikan emas yang diperoleh sebagai investasi karena alasan investasi emas dalam jangka yang cukup panjang. 

4. Beli lah emas dengan ukuran terkecil terlebih dahulu
Investasi emas dengan ukuran besar memang lebih banyak menguntungkan, namun hal ini menyebabkand ana yang harus Anda siapkan pun cukup banyak, terlebih untuk emas batangan saat ini menjual dalam ukuran yang lebih kecil lebih mudah dibandingkan menjual emas batangan dengan bentuk yang lebih besar.

Untuk saat ini aplikasi Cermati sendiri belum melayani pembelian emas via online. Hanya saja aplikasi Cermati memberikan gambaran bahwa investasi dalam bentuk logam mulia ini cukup penting, dan tentunya cukup menguntungkan jika Anda memahami betul cara kerja jual dan beli logam mulia di momen yang pas. Dengan menyediakan informasi mengenai investasi emas, hal ini membuka pengetahuan bagi setiap pembaca artikel tersebut untuk tidak memandang sebelah mata investasi klasik dalam bentuk logam mulia. 

Tidak ada komentar