Butuh Dana Segar? Ini Cara Daftar Sebagai Nasabah di Aplikasi Indodana


Tahun ajaran sekolah anak sudah hampir sampai pertengahan semester,pihak sekolahan sudah menghimbau untuk membayar SPP hingga bulan tertentu dan membaway biaya Ujian Tengah Semester. Sementara dana dari gajian masih harus di alokasikan membayar kebutuhan kebutuhan pokok rumah tangga. Jika sudah seperti ini tentunya Kita harus memutar otak bagaimana caranya mendapatkan dana segar. Meminjam uang ke saudara sering kali takut merusak hubungan jika Kita telat mengembalikan. Solusinya Anda bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan via aplikasi Indodana.

Aplikasi Indodana mampu memberikan pinjaman hingga mencapai Rp 8.000.000 rupiah. Nominal yang cukup besar jika dibandingkan dengan Financial Technology dengan bidang serupa. Tenor yang di tawarkan pun beragam, mulai dari 3 bulan, hingga paling lama yakni 6 bulan. Untuk urusan bunga, aplikasi Indodana menawarkan bunga yang cukup kompetitif jika dibandingkan produk sejenisnya. Namun tetap saja bunga nya akan jauh kebih besar jika Anda dibandingkan pinjaman bank konvensional. Tetapi untuk Anda yang memang membutuhkan dana cepat, Anda patut mencoba mengajukan pinjaman via Indodana.

Artikel saya kali ini akan membahas mengenai cara mendaftar sebagai nasabah di aplikasi Indodana. Berikut review selengkapnya : 

1. Install Aplikasi Indodana
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstall aplikasi Indodana melalui Playstore untuk Anda pengguna handphone berbasis Android. Pada tahap ini  Anda belum bisa mengajukan pinjaman, Anda harus memasukkan nomor handphone Anda di aplikasi Indodana, kemudian Checklist bahwa Anda menyetujui persyaratan dan ketentuan yang telah di berikan oleh Indodana. Kemudian tunggu hingga Anda mendapatkan One Time Password (OTP) untuk masuk ke aplikasi Indodana. 

2. Lengkapi Informasi Pribadi 
Langkah selanjutnya jika Anda telah berhasil masuk ke aplikasi Indodana, Anda masih belum bisa mengajukan pinjaman. Anda harus melengkapi informasi informasi pribadi dengan cara masuk ke menu “Pinjaman Saya”, kemudian pilih menu “Lengkapi Sekarang”. Pada menu ini Anda di wajibkan mengisi berbagai informasi, mulai dari upload Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu pengenal lainnya, upload foto selfie, nama lengkap, nama ibu kandung, pendidikan terakhir, email, status pernikahan, hingga jumlah tanggungan. 


Selanjutnya Anda diharuskan memasukkan detail alamat tinggal Anda. Mulai darialamat lengkap, provinsi, kota, nomor telepon rumah, status kepemilikan rumah hingga lama nya menempati rumah tersebut. Informasi selanjutnya yang harus Anda isi adalah informasi detail mengenai tempat kerja Anda. Isi lah sesuai dengan identitas asli Anda, sehingga pada saat pihak Indodana akan memverifikasi data, proses pengajuan pinjaman tak akan terkendala. 

Informasi selanjutnya yang harus Anda lengkapi adalah mengisi informasi data keuangan milik Anda. Isi lah data penghasilan dan total pengeluaran Anda dengan benar. Hindari mengisi data fiktif, hal ini agar pihak Indodana memperhitungkan apakah Anda pada tahap yang aman untuk melakukan pinjaman atau justru sebaliknya. Pihak Indodana memiliki sistem perhitungan yang cukup akurat, namu rata rata pengeluaran untuk keperluan membayar kredit adalah sebesar 30% dari total pendapatan Anda. Katakan lah Anda memiliki penghasilan sebesar Rp 5.000.000, maka dana normal yang Anda keluarkan untuk keperluan membayar cicilan dan pengeluaran lainnya selain pengeluaran pokok adalah sebesar Rp 1.500.000. Jika pengeluaran Anda untuk keperluan laind an membayar cicilan lebihd ari nominal tersebut menandakan keuangan Anda kedepannya akan terkendala dan pastinya akan mengganggu proses pembayaran cicilan yangd apat menyebabkan kredit macet.

Tahap terakhir adalah pastikan Anda memiliki account internet banking untuk proses validasi pendapatan Anda. Jika pada tahap ini Anda tidak memiliki internet banking maka proses kelengkapan informasi tak akan dilanjutnya. 

3. Lengkapi Dokumen yang di Minta
Sebelum Anda mengajukan pinjaman di aplikasi Indodana, pastikan terlebih dahulu dokumen dokumen dibawah ini untuk Anda lengkapi. 
- Foto KTP
- Foto Selfie
- Selfie di Tempat Kerja
- NPWP

4. Cek Simulasi Cicilan
Mengajukan pinjaman via mobile apps saat ini sangat mudah sekali, perhitungannya pun terbilang cukup transparan. Biasanya pihak penyedia jasa keuangan akan langsung menghitung besar cicilan berbulan berdasarkan jumlah dana yang Anda ambil. Misal, anda akan mengajukan pinjaman dengan nominal sebesar Rp 2.000.000 dengan tenor 3 bulan, maka secara otomatis pihak Indodana akan menghitung pembayaran cicilan tagihan Anda setiap bulannya sebesar Rp 932.000. Nominal sebesar itu sudah termasuk dengan bunga cicilan. 

5. Ajukan
Jika Anda sudah memahami besaran cicilan perbulannya serta melengkapi persyaratan via aplikasi indodana, Anda tinggal mengajukan pinjaman tersebut langsung melalui aplikasi Indodana tanpa perlu mendatangi kantor Indodana. Pihak Indodana akan memproses pengajuan Anda dalam 2x24 jam. Selanjutnya jika pengajuan pinjaman Anda dinyatakan memenuhi syarat, pihak Indodana akan segera mentransfer dana langsung ke rekning tabungan Anda. Namun jika Anda ditolak mengajukan pinjaman, Anda bisa mengulang pengajuan pinjaman kembali 3 bulan lagi. Ini merupakan ketentuan dari pihak Indodana, sehingga jika Anda memaksakan pengajuan pinjaman masih kurang dari 3 bulan, pengajuan akan secara otomatis di tolak oleh sistem.

Demikian lah beberapa ulasan mengenai cara menjadi nasabah di aplikasi Indodana. Pastikan seluruh dana yang Anda peroleh dari pinjaman via elektronik di pergunakan sebijaksana mungkin. Hal ini lantaran bunga yang ditawarkan oleh pihak fintech cukup besar karena jenis pinjaman yang ditawarkan oleh pihak fintech tidak mewajibkan pihak nasabah melampirkan dokumen berharga sebagai jaminan. Dan satu hal lagi, selalu bayar tagihan tepat waktu agar Anda tidak dipersulit ketika akan mengajukan pinjaman kembali di masa yang akan datang. Semoga berguna!

Tidak ada komentar