Sebenarnya Kecepatan Internet Indonesia Melebihi Singapura


Internet kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Penggunaan internet di Indonesia terus meningkat seiring dengan perkembangan gadget dan teknologi lainnya. Namun, peningkatan penggunaan internet ini kurang sebanding dengan peningkatan kecepatan internetnya itu sendiri.

Sebelumnya pada bulan Juli 2013 lalu, Akamai memberitakan bahwa Indonesia mendapat predikat sebagai Negara ke 104 atau Negara ke-3 terbawah dengan kecepatan internet terlambat se-asia pasifik, yaitu kecepatan rata-rata mencapai 1,5 Mbps.

Dan kabar terbaru pun muncul dari ASEAN DNA, kini Indonesia menduduki peringkat ke-3 terbawah se-ASEAN dalam kecepatan rata-rata internetnya yang hanya mencapai 4,1 Mbps. Singapura jauh lebih unggul dengan kecepatan internet yang mencapai 61,0 Mbps.

Berkaitan dengan hal ini, Menkominfo Tifatul Sembiring dalam akun twitter pribadinya menyatakan “Jika di-rata2 kec. Internet dari Sabang s/ Merauke, IYA kita kalah. TAPI untuk pulau2 Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi lbh tinggi. Singapura jangan dibandingkan dg seluruh Indonesia. Bandingkan dg Batam, misalnya.”

Dalam pernyataan Menkominfo diatas jelas dan dapat disimpulkan bahwa Singapura Negara kecil Jika dibandingkan perwilayah daerah Indonesia, kecepatan internet kita lebih dari 61 Mbps. Tapi karena geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan dan tentu tidak semua daerah terjangkau oleh sinyal, oleh karenanya kecepatan rata-rata Indonesia ini kecil.

Sumber gambar: Google

Tidak ada komentar