Setelah Youtube, Turki Memblokir Twitter


Kabar mengejutkan datang dari Turki. Saat ini pemerintah Turki memblokir akses social media Twitter, sebelumnya Turki pernah memblokir Youtube selama 2 tahun. Turki termasuk Negara dengan pengguna twitter terbanyak di dunia. Menurut NG, Akses menuju twitter.com dialihkan ke sebuah laman yang berisi pernyataan oleh regulator telekomunikasi Turki.

Alasan pemerintah Turki memblokir twitter karena merebaknya isu korupsi yang ada di lingkungan pemerintahan Turki melalui twitter, dan melalui social media ini diduga sebagai info untuk mengorganisasi sekelompok demonstasi untuk menentang kasus korupsi yang ada di Turki. Sebelum akhirny di blokir, sejumlah pengguna telah mempublikasikan dokumen atau rekaman hasil penyadapan yang melaporkan adanya bukti korupsi Perdana Menteri turki, namun Recep Tayyip Erdogan membah hal tersebut.

Sebelumnya pengadilan Turki telah meminta pihak twitter untuk menghapus konten mengenai dokumen yang telah dipublikasikan tersebut tapi tak di respon. Meskipun saat ini twitter tidak bisa di akses melalui internet, namun masih bisa di akses melalui SMS.

Tak hanya di Turki, di Indonesia pun banyak akun twitter anonym yang berisi mengenai pemberitaan pemerintah Indonesia secara frontal, seperti @TrioMacan2000 dan di bidang Sepak bola ada @Footballnesia, terkait benar atau tidaknya pemberitaan oleh akun twitter tersebut namun sampai saat ini pemerintah belum bertindak tegas dengan memblokir akun-akun seperti itu.


Adapun Negara-negara lain yang telah memblokir akses twitter yaitu, Iran, Mesir, Syria, dan Korea Utara. Akankah Indonesia menyusul tindakan seperti Negara-negara tersebut?

Tidak ada komentar