Inikah Alasan Indonesia Sebagai Pengguna Sosial Media Terbesar Dunia?


Indonesia salah satu pengguna sosial terbesar di dunia. Penduduk Indonesia paling banyak menggunakan sosial media facebook dan twitter, dibandingkan dengan sosial media lainnya. Indonesia menjadi pengguna sosial media terbesar dunia karena di Indonesia satu orang rata-rata mempunyai lebih dari 1 akun, ada yang mempunyai 5 akun aktif, bahkan sampai mempunyai lebih dari 10 akun aktif.  

Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 200 juta lebih, misal pengguna twitter di Indonesia ada 5 juta orang dan setiap orang mempunyai 3 akun twitter, maka 5 juta x 3 jumlahnya adalah 15 juta akun twitter. Sungguh luar biasa, apalagi banyak pengguna yang mempunyai lebih dari 5 akun. Banyak alasan kenapa mereka mempunyai lebih dari satu akun dengan platform social media yang sama, diantaranya:

Pertama, akun pribadi.
Meskipun punya akun pribadi, tapi lebih dari 1 karena akun yang satu khusus untuk teman sekolah/teman kerja saja, pakai nama asli sesuai tanda pengenal, foto profilnya pun asli, dan dan tidak update status yang aneh-aneh.

Akun yang satu lagi khusus untuk interaksi dengan pasangan, nama akunnya pun kolaborasi dengan nama pasangannya, foto profilnya sudah pasti lagi bermesraan dan update statusnya gombalan sampai marah-marah ada disini. Setelah putus nama pasangannya itu ganti dengan kata-kata galau, misalnya “Sumanto Macih Cayank Kamuh Celalu”, ganti foto profil dan updatenya galau melulu.

Dan akun yang satu untuk umum, seperti teman kerja, teman kenalan chating, bahkan gebetan ada di akun ini. Nama akunnya bisa nama asli atau nama alay, foto profilnya bisa palsu bisa juga asli tapi hasil editan, dan siapapun bisa masuk ke pertemanan akun pribadi yang ini.

Kedua, akun anonymous.
Tak hanya akun pribadi yang lebih dari satu, akun anonymous pun banyak karena menjadi admin akun ini-itu. Akun anonym makdunya adalah akun bukan pakai nama asli pengguna. Alasan bikin akun anonym ini karena ingin update sesuai dengan bidang yang dia sukai. Misalnya anda suka teknologi, maka buatlah akun dengan username teknologi dan memposting tentang teknologi. Jika anda sering galau, mungkin anda akan buat akun galau. Semua curhatan anda tuangkan lewat postingan akun ini.

jika anda suka dengan 2 bidang yang berbeda, seperti bidang teknologi dan suka cerita cinta, bisa juga bikin akun teknogalau, setiap posting selalu mengkombinasikan galau dan teknologi. Misalnya update status “Tiap hari selalu di SMS operator, tapi kapan aku bisa SMSan sama kamu.”


Tak heran jika kita lebih sering melihat akun-akun yang seperti itu, dan Negara Indonesia dinobatkan sebagai salah satu pengguna sosial media terbesar di dunia. Padahal kecepatan koneksi internet di Indonesia sangat rendah, namun penggunaannya sudah sangat luar biasa.

Tidak ada komentar