Multi Chat BBM Yang Mirip Grup Whatsapp

sumber foto : www.pocket-lint.com
Blackberry Messenger (BBM) dan Whatsapp (WA) adalah dua aplikasi chating favorit saat ini. BBM awalnya hanya bisa digunakan pada smartphone yang bermerk Blackberry (BB) dan Whatsapp awalnya hanya untuk pengguna iPhone saja,  tapi kini kedua aplikasi chat tersebut bisa digunakan disemua jenis smartphone.

Kedua aplikasi chat itu menjadi favorit karena selain gratisan, aplikasi tersebut sangat mudah digunakan. Dengan fungsi yang hampir sama, tapi keduanya mempunyai keunggulan masing-masing. Jika kita menyimpan nomor ponsel yang sudah teregistrasi di whatsapp, maka nomor tersebut sudah otomatis menjadi teman whatsapp kita tanpa harus mengadd dan mengaccept pertemanan. Begitupun dengan grup whatsapp, user yang di invite admin grup sudah otomatis bakal masuk grup whatsapp tersebut. Berbeda dengan aplikasi BBM, harus add dan accept pertemanan terlebih dahulu, begitu pula dengan grupnya. 

Tentu ada kelebihan dan kekurangan dari kedua sistem tersebut. Saat ini, whatsapp mendapat rating 4,4 dengan 37,7 juta "pemberi bintang" di google play, sedangkan BBM mendapat rating 4,3 dan hanya 8,4 juta "pemberi bintang" di google play. Mungkin karena whatsapp lebih dahulu di google play sehingga rating dan pengunduhnya lebih banyak dibanding aplikasi BBM yang baru nongol di android.

Multi chat BBM vs Grup WA
Di BBM versi terbaru 2.13.0.26 yang di update pada 7 April 2016, ada satu fitur yang mirip sekali dengan whatsapp. yaitu fitur multi chat BBM yang mirip grup whatsapp, multi chat BBM berbeda dengan grup BBM. Multi chat ini adalah fitur yang mengundang obrolan dari beberapa user tanpa mengkonfirmasi terlebih dahulu, jadi yang di invite oleh admin multi chat sudah pasti tergabung dalam obrolan multi chat tersebut. Multi chat ini pun bisa dikasih nama/judul obrolannya, upload media dan smua design chatnya mirip sekali dengan grup Whatsapp. Tidak percaya? ada bisa lihat dan buktikan sendiri. Yang berbeda hanyalah penyimpanan media. Jika di whatsapp foto/video sudah bisa otomatis tersimpan di ponsel, kalau di BBM harus disimpan secara manual. Anda lebih tertarik mana? BBM atau Whatsapp?

Tidak ada komentar