Sejarah Singkat iOS


Siapa yang tidak tahu gadget canggih iPhone? iPhone mulai rilis pada tahun 2007. Harga gadget yang satu ini memang cukup mahal karena sudah terjamin kualitasnya yang sangat baik dan teknologi yang dipakainya pun lebih canggih dibanding dengan gadget lainnya. Artikel ini saya kutip dari MakeMac yang ditulis oleh Andri Alfansyah.

iPhone generasi pertama muncul pada tahun 2007 dengan design layar sentuh 3,5 inch dan mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan. Baru-baru ini The wall street mewawancarai Greg Christie, insinyur software senior apple yang teleh mengerjakan proyek layar touchscreen ini.

Steve Jobs memberikan ultimatum selama 2 minggu untuk menciptakan blueprintsofware iPhone’ yang merupakan awal generasi munculnya iOS. Pada tahun 2004, Apple sedang mengerjakan gadget media player hybrid dengan teknologi layar sentuh. Greg dan timnya mengerjakan PDA Newton tahun 1996, kemudian mendapat kesempatan dari mantan eksekutif Apple, yaitu Scott Forstall untuk mengerjakan proyek iPhone.

Greg beserta tim akhirnya berhasil menciptakan blueprint system operasi mobile modern, yang kita kenal dengan iOS (iPhone Operation System). Hasil ciptaan terbesar mereka yaitu fitur untuk membuka layar iPhone, slide to unlock, gesture, dan input sentuh. Saat ini metode unlock seperti itu sudah dipakai Android dan berbagai jenis gadget layar sentuh lainnya.

Hasil ciptaan mereka tidak disetujui dengan mudah, namun harus melalui beberapa kali persetujuan, mulai dari Steve Jobs sampai ke Jony Ive. Tentu saja Steve Jobs sangat senang dengan hasil karya Greg tersebut. Steve Jobs sangat menjaga kerahasiaan proyek iPhone tersebut dan meminta seluruh karyawannya untuk mengerjakan proyek tersebut jauh dari tempat tinggalnya, dan semua citra tentang iPhone harus di enskripsi. Perlu anda ketahui, beberapa hasil karya Greg telah dilanggar oleh Samsung.


Nah, itulah sejarah singkat yang saya kutip dari MakeMac tentang awal mulanya iOS atau system operasi pada Apple.

Tidak ada komentar