Review Xiaomi Redmi Note 4X Snapdragon Resmi

Xiaomi Redmi Note 4X resmi TAM
Buat kamu yang masih bingung buat nyari hape android baru tapi yang recomended? Saya kasih rekomendasi android Xiaomi Redmi Note 4X. Saya sendiri bingung sama type Xiaomi yang satu ini karena ada 2 macem, ada Xiaomi Redmi Note 4 dan Xiaomi Redmi Note 4X. 

Apa bedanya?
Dari berbagai sumber media yang saya baca, perbedaan yang paling menonjol dari Xiaomi type ini adalah cuma bedadi prosesornya aja. Kalo Xiaomi Redmi Note 4 itu pakai chipset dari Mediatek HelioX20, sedangkan Xiaomi Redmi Note 4X itu chipsetnya sudah pakai Snapdragon 625. Dan konon ada yang resmi, dan ada yang tidak resmi. Entah saya sendiri kurang paham kenapa jadi ngebingungin gini. 

Tapi faktanya, setelah saya cek dan beli langsung ke toko. Konon yang resmi itu adalah Xiaomi yang hanya bergaransi TAM, bukan yang lain. memang Xiaomi dari garansi TAM ini harganya 200-300 ribu lebih mahal dari harga umum (bukan garansi TAM).
Harga Xiaomi Redmi Note 4 dibandrol dengan harga Rp. 2.399.000,- garansi resmi TAM. Eh ternyata ketika di cek spesifikasinya chipsetnya itu Snapdragon, itu kan artinya ini Xiaomi Redmi Note 4X, tapi tulisan yang tertera di boxnya Xiaomi Redmi Note 4. Makin membingungkan bukan? Lah bodo amat, yang penting speknya. hehehe...
Untuk spesifikasi lainnya sama, kamera belakang 13 Mp, kamera depan 5 Mp, body bahan metal, remote control, layar 5,5 inch, finger print (sidik jari), baterai 4.100 mAh. RAM 3 GB. Memori internal 32/64 GB, dan masih banyak lagi detail spesifikasinya. tapi disini saya coba review versi saya.

Kenapa saya pilih Xiaomi Redmi Note 4X (snapdragon)? karena sebelumnya saya pakai android dengan "otak" snapdragon dan sudah teruji kemampuannya. saya tidak mau coba-coba pakai Mediatek.

Apa sih kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 4X ini? banyak !

-Baterai
dari sisi baterai, jelas xiaomi ini punya kapasitas yang sangat besar 4.100 mAh dan terbukti pemakaian bisa full 2 hari tanpa ngecharge. saya sendiri baru kali ini nemuin android yang super irit baterenya, padahal pemakaian sering, koneksi data pun nyala, tapi memang bener-bener awet, gak cepet panas. untuk ngecharge sampai full butuh waktu 2-3 jam. tapi sayangnya baterainya non-removable, artinya permanen, gak bisa cabut-pasang.


-Memori
Dengan dukungan RAM 3GB jelas ini mempengaruhi kecepatan akses menu/aplikasi, ditambah internal memori yang besar, dengan begitu kita bebas instal aplikasi jenis apapun.tapi sangat disayangkan tempat memori exkternalnya "menyatu" dengan sim card 2.

-CPU
Mungkin ini salah satu dari kelebihan Snapdragon, saya pakai video streaming berjam-jam tapi ponsel tidak cepat panas, masih tetep dalam kondisi aman adem, baterai pun hanya habis beberapa persen saja.

-Mode Anak
Keamanan pada xiaomi jenis ini rupanya benar-benar diperhatikan, buktinya ada pengaturan "mode anak" pada xiaomi ini, jadi kita bisa mengatur aplikasi atau menu apa saja yang hanya bisa di akses oleh anak-anak.

-Finger Print dan Kompas
Xiaomi Redmi Note 4 semakin sempurna karena dilengkapi dengan pemindai sidik jari dan juga kompas, sehingga kita lebih nyaman dan aman menggunakan xiaomi ini.

Remote Control
Xiaomi Redmi Note 4 & 4X dilengkapi dengan remote control. Kalo kamu punya TV, DVD, projector, dan alat elektronik lainnya yang remotenya rusak, kamu gak usah khawatir karena di Xiaomi ini sudah ada remote control untuk segala merk dan segala jenis alat elektronik. 

Body 
Body Xiaomi ini menggunakan bahan metal, bukan plastik. Konon dengan bahan metal ini bisa membantu untuk menguatkan sinyal pada ponsel, tapi jangan khawatir meskipun pakai bahan metal tidak cepat panas. 
Nah, apa kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 4X ini?

Pada umumnya, kekurangan Xiaomi ini adalah kelengkapan boxnya, karena headset Xiaomi dijual terpisah. 

Namun secara khusus pada Xiaomi Redmi Note 4 kekurangannya sedikit, yang paling bikin gak nyaman adalah tempat memori yang "menyatu" atau hybrid dengan simcard 2, sehingga kita harus memilih. Jika kita memakai 2 simcard, artinya tidak bisa menggunakan memori external (microSD), jika kita tidak memakai microSD amak kita bisa memakai 2 simcard. Sebenarnya ini adalah pilihan yang sulit buat saya, terlebih lagi untuk melepas simcard xiaomi ini agak sulit.

Selain tempat memori external, kekurangan lainnya adalah baterai yang permanen, gak bisa di lepas-pasang. Otomatis kita harus lebih menjaga lagi pemakaian dari ponsel ini agar baterainya awet tidak cepat ngedrop.

Dan yang kurang saya sukai dari xiaomi ini adalah bentuk desainnya, dimana sisi pada Xiaomi type ini tidak flat rata, tapi agak lengkung. 

Saran saya, kalau beli ponsel pilih yang resmi deh biar aman, dan terjamin.

2 komentar:

  1. bukannya diakalin pake simcard microsd adapter / extender ya?

    BalasHapus
  2. Menurut saya Reno 4 dan 4x itu sama aja
    Saya beli Reno 4x tp dalemnya pake programnya Reno 4
    Tapi perbedaan yg menonjol pada reno 4 dan 4x itu pada letak sensor remotnya kalo reno 4x itu dia letaknya dipojok kanan atas dan reno 4 itu di tengah atas
    Dan untuk sim 2 dan memori bisa dipakai dengan cara diklupas tembaga simnya. Untuk tutornya bisa lihat di mbah youtube.

    Sekian saja absen dari saya salam pengguna Reno 4 / 4x.

    BalasHapus