Ini Alasan Kenapa Harus Waspada Dengan Game Pokemon Go

Photo by youtube.com
Demam Game Pokemon Go melanda hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Meskipun di Indonesia ini Pokemon Go belum secara resmi dirilis namun hampir seluruh pengguna smartphone di seluruh penjuru negeri ini sudah mengunduhnya secara ilegal. Bahkan saking ngehitsnya, sudah ada komunitas pengguna Pokemon Go di beberapa daerah.

Bukan hal aneh bagi bangsa ini ketika diluar negeri sana ada yang ngehits dan disini pun turut meramaikan meskipun belum tentu akan dirilis di Indonesia. Game baru yang menjadi favorit ini tentu tak semua pengguna menyukainya, dan bahkan menjadi polemik di sebagian kalangan masyarakat. Untuk memainkan Pokemon Go ini, para user diharuskan untuk mengaktifkan kamera dan GPS nya karena permainan ini mengkolaborasikan animasi dengan lokasi sekitar terutama di tempat umum untuk menemukan monster dan petunjuk-petunjuk lainnya agar naik ke level selanjutnya.

Karena pengaktifan GPS dan kamera inilah alasan utama kenapa game ini menjadi polemik dan begitu fenomenal. Beberapa instansi pemerintah  secara resmi melarang para pegawainya untuk memainkan game ini, bahkan Polisi pun dilarang main Pokemon Go. Beberapa hari lalu seorang WNA menerobos ke Markas Kodim 063 Cirebon pada tengah malam dengan alasan hanya untuk mencari monster Pokemon Go, WNA ini sempat lari kabur karena ketahuan penjaga pos keamanan.

Dikutip dari berita viva.co.id, kepala BIN pun mengatakan "permainan itu menggunakan kamera. Itu dimainkan instansi penting objek vital. Asrama kepolisian, TNI, intelejen. Tentu bisa dibaca intelejen lain". Selain itu pula, beberapa tahun lalu game angry bird pernah di hack dan diduga menjadi spionase NSA untuk mengumpulkan data para penggunanya.

Tak hanya itu, gadget kamu bisa lebih cepat rusak atau error, kareng penggunaan gadget yang lama dan terus-menerus, terlebih lagi sambil di charge dengan power bank. Pokemon Go lebih boros baterai dan kuota internet karena GPS dan kamera yang selalu aktif ketika game ini dimainkan. 

Pada dasarnya game adalah salah satu cara untuk menghilangkan penat, jadi bermain game lah sesuai dengan porsinya tanpa merugikan waktu dan mengganggu kepentingan anda atau orang lain.
Baca jugSetelah Angry Birds, Intelejen Amerika Mematai Pengguna Facebook

1 komentar:

  1. Setuju gan, sudah seharusnya kita bijak dalam bermain pokemon go

    BalasHapus