Lestarikan Bahasa Cirebon Dengan Aplikasi Games Ini


Banyak cara untuk tetap melestarikan budaya lokal ditengah maraknya budaya luar yang semakin “membudaya” di Indonesia ini, salah satunya adalah dengan memembuat sebuah aplikasi untuk smartphone. Karena kita tahu saat ini hampir semua orang, mulai dari anak kecil sampai orang tua menggunakan smartphone. Untuk itulah, salah satu komunitas berbasis IT di Cirebon, yaitu Komunitas Linux Cirebon (KINCIR) mempunyai ide untuk membuat sebuah aplikasi android berbentuk games yang diberi nama Badekan.

Badekan sendiri berasal dari bahasa Cirebon yang berarti Tebakan. Aplikasi games ini baru saja diluncurkan pada 28 Februari 2015 lalu, ini adalah hasil kolaborasi dari Creacle Game Studio, Idebeda Piranti Cerdas, dan KINCIR. Dari deskripsi yang ditulis Badekan, Games ini menggunakan Bahasa Cirebon yang disertai gambar-gambar. Badekan dibuat agar masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda Cirebon bisa bangga menggunakan bahasa Cirebon dan membudayakan kembali belajar dan memakai bahasa bebasan. Games Badekan di design semenarik mungkin, Badekan terdiri dari beberapa level yang disusun dengan menebak gambar tersebut. Uniknya level pencapaian dari Badekan ini diberi pangkat mulai dari Ketua RT sampai dengan Lurah. 

Dikutip dari kultwit @dunia_cirebon yang membahas tentang Badekan, jika anda tidak bisa menjawab soal dari Badekan ini, maka games ini akan bersuara “BOLED”, namun jika hampir benar dalam menjawab soal, akan bersuara “titik maning” yang artinya “sedikit lagi”. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan Badekan ini bermacam-macam, mulai dari nama tempat, nama permainan, sampai dengan bahasa bebasan. 

Games ini sudah bisa anda unduh secara gratis di playstore. Badekan yang memiliki kapasitas sebesar 14 MB ini telah diunduh ratusan pengguna, dengan rating yang nyaris sempurna, yaitu 4,9 dengan rate bintang 1-5, ini membuktikan bahwa pengguna sangat merespon positif dengan adanya games ini. “Dinten niki tiyang nom sampun ninggalaken bebasan, wikan punapane sih, matur suwun dumateng team badekan, maju terus promosi cirebone”, komentar Ibnu lutfi, salah satu pengguna yang memberi rating bintang 5.

Penasaran? Tunggu apalagi, ayo download dan lestarikan budaya lokal. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikannya.

5 komentar:

  1. Keren nih. Sekarang bahasa daerah bisa diaplikasikan ke gadget :)

    BalasHapus
  2. Aih keren ini.... apakah sudah ada yg bahasa jawa? Pengen banget yg bahasa jawa. bagi info ya kalau ketemu

    BalasHapus
  3. Luar biasa Bahasa Cirebon Jadi mendunia dengan aplikasi games ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya dunia yang akan mencirebon wan wakakak

      Hapus
  4. sudah ada di windows phone belum yah???

    BalasHapus