Pentingnya Politik Informasi

Ilustrasi
Kata politik informasi masing asing didengar oleh kita, mungkin yang terlintas dalam pikiran kita jika mendengar politik informasi adalah kegiatan atau penguasaan isu atau berita, atau juga lebih akrab kita dengar yaitu pengalihan isu. Ya, itu bisa juga sebagai politik informasi.

Dalam buku Sistem Teknologi Informasi yang saya kutip, Devenport, Eccles dan Prusak (1992) telah melakukan studi yang melibatkan 25 perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini gagal atau dalam proses kegagalan dalam menerapkan sistem informasinya, alasannya karena perusahaan-perusahaan tersebut tidak mengelola politik informasi dengan benar.

Dalam suatu perusahaan atau hal apapun, informasi sangatlah penting karena informasi merupakan bagian dasar dalam hal pengambilan keputusan. Disinilah orang yang mempunyai informasi tertentu akan turut main dalam “politik informasi”, artinya orang yang mempunyai informasi penting tentu tidak akan membagi informasi secara begitu saja kepada orang lain.

Orang yang bekerja di perusahaan atau organisasi yang berorientasi kepada informasi akan sangat menjaga rahasia atau ide yang mereka miliki. Jika informasi bocor sampai ke perusahaan lain maka akan fatal akibatnya. Mereka gunakan politik informasi sebagai kekuatan dan sumber kekuasaan.

Berbagai cara digunakan untuk mencari informasi , tak jarang banyak perusahaan-perusahaan besar rela membayar orang atau suatu kelompok dengan sangat mahal demi memperoleh informasi. Mulai dari penyadapan sampai dengan penyekapan.

Markus (1981)  dalam buku Sistem Teknologi Informasi, menyatakan informasi mempengaruhi distribusi kekuasaan dengan alasan sebagai berikut :
  1. Pemegang akses informasi dapat memepengaruhi hasil dari keputusan.
  2. Sistem informasi digunakan untuk alokasi sumber daya sistem yang dapat mempengaruhi  perilaku individu.
  3. Sistem informasi digunakan untuk sistem pengendalian yang dapat mencegah atau membatasi kegiatan-kegiatan.
  4. Sistem informasi menyebabkan kekuasaan dan kekuatan karena member kesan kemampuan untuk dapat merubah hasil. Persepsi atau kesan dari memiliki kekuatan akan menimbulkan kekuatan.

Dari pernyataan Markus diatas, jelas bahwa informasi merupakan hal yang dapat mempengruhi semua hal.


Politik informasi sudah menjadi rahasia umum. Sering kita dengar dan kita lihat sehari-hari tanpa disadari, seperti stasiun TV atau portal media yang selalu memberitakan atau mempublikasikan hal baik pemiliknya. Sebaliknya, justru lebih sering memberitakan hal jelek mengenai para kompetitornya. Ini adalah bagian dari politik informasi.

Sumber gambar: Google

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Teknologi Sistem Informasi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus