Etika Yang Harus Diperhatikan Dalam Ngeblog


Etika adalah perilaku atau tata karma atau juga perbuatan yang berhubungan sopan santun. Baik buruknya suatu perbuatan yang kita lakukan itu merupakan bagian dari etika. Tak hanya dalam kehidupan nyata sehari-hari, etika pun perlu diterapkan dalam berinternet, khususnya ketika ngeblog.

Indonesia kini mempunyai UU ITE, dimana para pengguna media tak bisa lagi sembarangan dalam mempublikasikan informasi karena bisa terkena sanksi. tentu saja tujuan pemerintah dalam membuat UU ITE dengan maksud baik, walaupun ada sebagian yang menolak. Apa saja etika dalam ngeblog itu?

Berikut beberapa hal atau etika yang harus diperhatikan dalam ngeblog :

  • Tulislah informasi yang benar. Jangan publikasikan informasi hoax atau palsu yang dapat menyesatkan pembaca.
  • Gunakanlah kata sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EyD), minimal bahasa sehari-hari namun dengan kata yang santun. Jangan menggunakan kata-kata kasar yang tidak seharusnya dikatakan atau ditulis.
  • Gunakanlah tanda baca yang benar agar intonasi atau pembaca tidak salah dalam mengartikan sebuah kalimat.
  • Cantumkanlah kutipan atau sumber informasi, jika informasi yang anda peroleh itu berasal dari media lain.
  • Berkomentarlah dengan kalimat yang santun pula, dengan begitu pembaca lain pun akan merespon dengan baik.



Itulah beberapa hal mengenai etika ngeblog menurut versi saya sendiri, bagaimana dengan anda? saya pun menyadari, ada beberapa hal etika dalam ngeblog yang pernah saya langgar. Namun tak ada kata terlambat untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Semoga kita bisa saling menghargai karya orang lain.

Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam postingan ini.

Sumber gambar: Google

Tidak ada komentar