Bernostalgia Dengan Friendster


Anda tahu Friendster? Atau anda salah satu pengguna akun sosial media (sosmed) Friendster? Ini adalah akun jejaring sosial pertama yang saya punya. Bernostalgia sedikit mengenai Friendster, berdasarkan Wikipedia, jejaring sosaial media yang didirikan pada 22 Maret 2002. Pengguna Friendster pada tahun 2010 masih mencapai 8,2 juta. Pengguna terbesarnya berasal dari Asia yang mencapai 90% dan Friendster sangat popular di wilayah Asia tenggara.

Dengan logo smile nya yang khas, sosial media ini populer di tahun 2004-2005 memang unik, beda dengan sosial media saat ini. Friedster bisa mengubah template atau tampilan sesuka hati, banyak blog atau web penyedia template Friendster secara gratis. Keunikan lainnya adalah bisa komentar atau mengirim wall dengan gambar animasi. Dan ada beberapa keunikan lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, lahirlah sebuah jejaring sosial baru, yaitu Facebook. Awal munculnya facebook pada tahun 2004 masih belum populer, saya sendiri baru menggunakan facebook pada tahun 2006. Saya salah satu penguna aktif Friendster, tetapi karena teman di frienster saya sudah mulai sepi, akhirnya saya tinggalkan Friendster meski sesekali login untuk mengecek pemberitahuan baru.

Pada tahun 2007an, secara perlahan friendster mulai meredup. Sedikit demi sedikit, hari demi hari pengguna Friendster mulai berpindah haluan ke facebook, Friendster berganti “wajah” dengan yang lebih fresh agar tetap diminati pengguna setianya tetapi nampaknya hal itu kurang berhasil.

Saya masih ingat, pada tahun 2011 friendster “menutup usia” dan beralih fungsi menjadi situs game online atau permainan sosial, semua galeri foto dan video yang telah disimpan di akun Friendster telah dihapus. Dengan beralihnya ke permainan sosial, member friendster pun masih bisa login dengan username dan password yang telah dimiliki sebelumnya.

Puncaknya pada tahun 2012 lalu, menurut Wikipedia (lagi), pengguna facebook saat itu mencapai 1 milyar lebih pengguna aktif. Saya yakin anak-anak jaman sekarang gak tahu apa itu Friendster, dengernya aja pasti sudah “asing”. Yang mereka tahu hanya sosial media populer saat ini facebook, twitter, path.

Kabarnya, dari beberapa media online yang saya baca. Beberapa waktu lalu pendiri Friendster, yakni Jonathan Abrams telah mendirikan jejaring sosial baru, yaitu Nuzzel.

Tampilan Friendster saat ini



1 komentar:

  1. Padahal koleksi foto saya di Friendster dulu lumayan banyak itu, hiks hiks hiks...

    BalasHapus