Ancaman "Hearthbleed", Segera Ganti Password Sosial Media Dan Kartu Kredit Anda!


Berdasarkan data Kompas dari Mashable, sebuah bug yang bernama “Hearthbleed” mengancam keamanan data para pengguna internet. Heartbleed merupakan salah satu bug sebagai celah keamanan terbesar dan tercanggih dalam dunia internet saat ini.

Berdasarkan informasi, bug ini telah beredar sejak 2 tahun lalu. Bug ini ditemukan pada openSSL, sebuah protokol keamanan open-source yang digunakan untuk enkripsi informasi sensitif melalui fungsi SSL (Secure Sockets Layer) pada layanan internet.

Dengan adanya bug ini, para peretas dengan mudahnya mencuri data pada situs website, aplikasi, bahkan sampai data perbankan, walaupun situs tersebut sudah dilakukan enkripsi. Situs seperti sosial media seperti facebook, yahoo!, gmail, dan lainnya dihimbau untuk segera mengganti password pada akun-akun tersebut.

Tak hanya password saja, karena ini mengancam data perbankan juga, maka nomor kartu kredit yang digunakan dalam 2 tahun terakhir ini pun turut terancam dan bisa saja digunakan oleh pihak tak bertanggung jawab dengan mudah. Menurutnya, belum ada informasi kepastian situs apa saja yang terkena bug hearthblead ini. hal ini diketahui sejak data yang dipublikasikan pada 8 April kemarin.

Sumber : Kompas
Sumber gambar : Google

Tidak ada komentar