Tips Lengkap Menghemat Baterai Gadget


Hampir semua model gadget produksi beberapa tahun ini tidak ada yang memiliki baterai yang bisa bertahan hingga 3 hari, bahkan ada yang tahan hingga 5 hari. Baterai gadget saat ini rata-rata tidak tahan sampai 24 jam, jarang sekali baterai yang bertahan 1 hari lebih.

Smartphone Lenovo P770 memiliki kapasitas baterai terbesar dikelasnya dengan 3500 mAh, namun ternyata ponsel yang satu ini hanya bertahan 1 hari saja dengan pemakaian normal. Tentu banyak hal yang membuat gadget zaman sekarang lebih cepat habis, diantaranya :

Sinyal
Indonesia adalah Negara kepulauan dan mempunyai banyak daerah pegunungan membuat sinyal pada gadget menjadi tidak stabil. Tidak semua wilayah Indonesia menangkap jaringan 3G, bahkan masih banyak wilayah Indonesia yang tidak terjangkau oleh sinyal operator. Ini yang membuat sinyal gadget terus bekerja mencari sinyal yang stabil, sehingga banyak menguras baterai.

Layar
Pengguna gadget saat ini lebih senang memilik gadget dengan ukuran layar yang cukup besar 4-5 inch, semakin besar layar maka semakin besar pula daya baterai yang terpakai. Android yang mengusung teknologi layar sentuh, secara otomatis layar gadget ini memakan daya baterai yang cukup besar dibanding dengan gadget yang berkeyboard.

Aplikasi yang masih running
Aplikasi jejaring sosial, dan chatting yang sudah tentu running selama gadget menyala. Tapi tahukah kamu? ada beberapa aplikasi lain yang walaupun sudah di exit tetapi statusnya masih running. Untuk itu beberapa user menggunakan aplikasi “killer” agar aplikasi benar-benar sudah exit.

Pemakaian
Banyak macam type orang pengguna gadget, ada yang main gadget hampir setiap menit meskipun tidak ada pesan yang masuk ke gadgetnya, bahkan mau dan bangun tidur pun pasti ngoprek gadget terlebih dahulu. Jika baterai gadget anda ingin awet, pergunakanlah seperlunya namun bukan berarti harus menggunakan gadget setiap saat sampai lupa dengan keadaan sekitarnya.

Koneksi
Ada beberapa macam koneksi yang ada di gadget, diantaranya wifi, Bluetooth, GPS, data internet. Jika anda menggunakan aplikasi penghemat baterai, maka pilihlah kategori yang benar2 bisa menghemat baterai. Misalnya hanya koneksi data internet saja, kalau berada di tempat free wifi maka gunakanlah wifi saja karena sinyal wifi biasanya lebih stabil dibandingkan dengan sinyal internet operator.

Tingkat kecerahan dan wallpaper
Atur tingkat kecerahan layar gadget anda, lebih redup maka lebih hemat daya baterainya. Selain itu, jangan menggunakan wallpaper ataupun screen saver yang bergerak.

Time out
Time out adalah pengaturan dimana cahaya gadget akan mati dan gadget terkunci secara otomatis. Disarankan time out tidak lebih dari 15 detik.

Lampu notifikasi
Beberapa gadget memiliki lampu notifikasi/pemberitahuan, bahkan semua ponsel Blackberry menggunakan lampu notifikasi karena ini salah satu cirri khas dari ponsel Blackberry. Namun lebih baik atur lampu notifikasi gadget anda jika ada pesan yang masuk saja, lebih baik matikan saja lampu notifikasinya.

Game dan suara
Game adalah salah satu menu wajib yang harus ada di gadget, game yang lebih menarik dan seru biasanya memakan daya baterai yang lebih besar karena jari kita memainkan game secara aktif, ditambah lagi dengan suara game. Sebaiknya pilih game yang tidak terlalu boros memakan daya baterai dan usahakan tidak bersuara :D


Itulah beberapa hal atau faktor yang membuat baterai gadget saat ini lebih cepat habis meskipun sudah memakai aplikasi penghemat baterai yang sedemikian rupa.


Semoga informasi ini bermanfaat.

3 komentar:

  1. Iya sih baterai cepat sekali habis jika tidak dihemat pemakaiannya :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalipun jarang pake, tp gadget skrg gak awet ky dl :D

      Hapus
  2. wah mesti dicatet nih, oh ya jangan lupa kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/tempat-magang-dengan-gaji-besar.html

    BalasHapus