Gadget Berbasis Android Wajib Mencantumkan "Powered by Android"


Google telah mendominasi dunia internet. Jika kita ingin mencari artikel atau sesuatu apapun itu di internet, hampir semua mengetik situs Google.comterlebih dahulu dibanding dengan mesin pencari lainnya. Tak hanya mendominasi di dunia internet, kini google pun mulai mendominasi di dunia gadget atau perangkat mobile.

Menurut Wikipedia, Pada tahun 2007 google secara resmi telah merilis perangkat sistem operasi untuk gadget yang diberi nama Android. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang diraancang untuk perangkat selular layar sentuh, seperti smartphone dan komputer tablet. Gadget berbasis android sendiri mulai dijual pada Oktober 2008.

Dalam artikel yang ditulis Kompas, dalam hal branding dan pemasaran. Persaingan di sistem operasi mobile berbeda dengan PC desktp. Di PC, windows lebih mendominasi dari pada OS lainnya seperti Mac OS. Di segmen mobile, beberapa pengguna Apple jika ditanya tentang OS apa yang Apple gunakan, mereka menjawab iOS, namun lebih banyak pengguna yang menjawab iPhone atau iPad.

Menurut beberapa sumber media, saat ini Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan dan menjadi OS mobile tersukses sepanjang sejarah. Masih dari kutipan Kompas, pengguna android lebih sering menyebut merk yang diusung vendor dari pada sistem operasinya. Seperti Samsung dengan Galaxy S5, atau HTC One.

Dari hasil survey tersebut, dapat disimpulkan sebagian besar pengguna mobile kebingungan karena Android memiliki banyak rekanan berbeda dan unik disetiap merk. Berdasarkan berita Geek.com, untuk mengatasi hal tersebut google meminta  agar para vendor smartphone berbasis Android wajib untuk mencantumkan logo Powered by Android.


Pencantuman label seperti ini pada mobile sama dengan pencantuman label atau logo Intel Inside di semua  PC yang menggunakan processor  buatan Intel. Saat ini belum ada info resmi kapan pencantuman label “Powered by Android” ini bisa diterapkan semua vendor.

Tidak ada komentar